Thursday 20 August 2015

PENGERTIAN DAN RAGAM SENI KRIYA



Merancang Karya Seni Kriya

1. Seni Hias
Seni hias telah dimiliki oleh Nusantara berabad-abad silam. Hal tersebutdapat dilihat dari benda-benda penemuan seperti hiasan pada makam, candi, kain tenun, dan tembika.

2. Seni Patung
Seni patung dapat ditemukan di beberapa wilayah Nusantara. Secara umum seni ini tidak terlepas dari kegiatan upacara yang dilakukan di daerah setempat

3. Seni Anyaman
Seni anyaman merupakan seni yang erat hubungannya dengan aktivitas keseharian penduduk Nusantara. Awalnya menganyam dilakukan untuk memenuhi kebutuhan praktis sehari-hari seperti keranjang, perabotan rumah tangga, dan perkakas. Namun seiring dengan waktu, aktivitas tersebut berubah menjadi mata pencaharian sebagian penduduk.

A. Seni Kriya Gerabah
Gerabah merupakan salah satu hasil dari seni terapan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, seni terapan merupakan seni yang hasilnya memiliki fungsi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

B. Teknik Pembuatan Gerabah
Bahan dasar yang digunakan untuk membuat gerabah adalah tanah liat. Sebelum dibuat gerabah, tanah liat tersebut diproses terlebih dahulu dalam beberapa tahapan. Selain itu, ada juga bahan tambahan lain, yaitu kaolin. Tanah liat yang sudah siap kemudian dibentuk dengan tangan langsung atau menggunakan alat putar.


1. Teknik Lempeng (Slabing)
Teknik lempeng (slabing) merupakan teknik yang digunakan untuk membuat benda gerabah berbentuk kubistis dengan permukaan rata.
2. Teknik Pijat (Pinching)
Teknik pijat (pinching) merupakan teknik membuat keramik dengan cara memijat tanah liat langsung menggunakan tangan.

3. Teknik Pilin (Coiling)
Teknik pilin (coiling) adalah cara membentuk tanah liat dengan bentuk dasar tanah liat yang dipilin atau dibentuk seperti tali.

4. Teknik Putar (Throwing)
Untuk membuat gerabah dengan teknik putar (throwing), kamu memerlukan alat bantu berupa subang pelarik atau alat putar elektrik.

5. Teknik Cetak Tekan (Press)
Teknik cetak tekan dilakukan dengan menekan tanah liat yang bentuknya disesuaikan dengan cetakan. Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dengan waktu yang cepat.

6. Teknik Cor atau Tuang
Teknik cor atau tuang digunakan untuk membuat gerabah dengan
menggunakan acuan alat cetak.

No comments:

Post a Comment